Oleh : angginil

Pada hari Jumat tanggal 28 Juni 2019, Jurusan Teknik Sipil FT UNEJ menyelenggarakan Workshop Rekonstruksi Kurikulum Menuju Akreditasi Internasional. Kegiatan ini berlangsung di ruang Auditorium Fakultas Teknik dan dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta. Peserta yang terdiri dari dosen ini tidak hanya dari jurusan Teknik Sipil, melainkan juga dari prodi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas MIPA. Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor I, Drs. Zulfikar, Ph.D dan Ketua Prodi Jurusan Teknik Sipil, Dr. Anik Ratnaningsih, S.T.,M.T.

Dalam kegiatan ini hadir pemateri yang telah berpengalaman dalam hal akreditasi internasional yaitu Dr. Pepen Arifin (Ketua Penjamin Mutu di Institut Teknologi Bandung). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan akreditasi program studi menuju akreditasi internasional dengan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education). Dalam pemaparannya yang berjudul “Why OBE?”, Dr. Pepen Arifin menyampaikan bahwa salah satu hal penting dari Kurikulum Berbasis Outcomes adalah kualitas mahasiswa dalam dunia pekerjaan.

OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum tersebut. Sedangkan IPO-Outcomes adalah kurikulum berbasis konten. Terdapat bermacam – macam lembaga akreditasi internasional antara lain ABET, ASIIN, dan AACSB yang menggunakan sistem OBE, berbeda dengan BAN-PT yang menggunakan sistem IPO-Outcomes. Di Indonesia, hanya 9 % Prodi terakreditasi Internasional dari 2654 Prodi yang terakreditasi A oleh BAN-PT.

Dengan kegiatan ini, workshop yang pesertanya adalah dosen diharapkan bisa lebih bersemangat dan percaya diri untuk meningkatkan akreditasi program studi Teknik Sipil menjadi terakreditasi internasional dan semakin bersaing dengan universitas lainnya.

Download Materi:
Intro – Why OBE (final)
Kurikulum OBE (final)
Assessment PLO
Portfolio – UNEJ

Lihat galeri Foto