Talkshow merupakan suatu bentuk penyampaian informasi melalui sebuah perbincangan atau obrolan dengan mendatangkan narasumber dan dipandu oleh pembawa acara. Pada Minggu 3 Juli 2022 mulai pukul 08.30 sampai 12.00 Himpunan Mahasiswa Sipil berkesempatan untuk menyelenggarakan acara talkshow secara luring di auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Dengan mengusung tema “Bincang Bersama Guna Memperluas Relasi dan Meningkatkan Sinergi Membangun Negeri” Himpunan Mahasiswa Sipil mengundang Kak Tedy Pranadiarso Dan Kak Gilang Krisna Wijaya sebagai narasumber.

Kak Tedy merupakan alumni jurusan Teknik Sipil Universitas Jember pada tahun 2017. Beliau bercerita bahwa setelah lulus dari Universitas Jember berkesempatan untuk bergabung dalam salah satu proyek kolaborasi Indonesia-China yaitu Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang pada saat itu ditangani langsung oleh PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk. Hal ini berhasil menarik antusias dari audience talkshow pada saat itu yang akhirnya memunculkan beberapa pertanyaan mengenai pengalaman Kak Tedy saat bergabung dengan proyek tersebut. Kak Tedy sendiri mengaku banyak belajar hal baru saat bekerja dalam proyek tersebut, karena pelaksanaan dan perencanaan struktur dari proyek tersebut sendiri mengacu pada standar yang ditetapkan dan digunakan oleh China. Beliau mengatakan akhirnya dapat menemukan ebberapa perbedaan dari standar yang ditetapkan dan dipakai di Indoensia dan di China. Oleh karena itu, dalam menjalankan proyek tersebut Kak Tedy perlu beradaptasi dengan banyak hal baru melalui komunikasi antar teknisi yang harus terus terjaga agar tidak terjadi mis-komunikasi. Kak Tedy menyampaikan bahwa saat bergabung dalam proyek ini beliau mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan teknisi yang didatangkan langsung dari China.

“Pada Saat itu aku sedikit kesulitan untuk berkomunikasi dengan teknisi yang didatangkan dari China. Karena meskipun beliau sudah lima tahun tinggal di Indonesia, beliau masih belum bisa berbahasa Indonesia, dan bebahasa Inggris pun beliau belum bisa. Jadi pada saat itu beliau membawa seorang translator yang cukup membantu komunikasi antara kami saat bekerja.” Ujar Kak Tedy.

Selain Kak Tedy, Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Jember juga mendatangkan Kak Gilang Krisna Wijaya sebagai narasumber kedua. Beliau merupakan Alumni jurusan Teknik sipil Universitas Jember tahun 2019. Beliau menceritakan pengalaman beliau selama berkuliah dan berorganisasi dimana Kak Gilang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa pada tahun 2019. Selama berkuliah beliau banyak belajar mengenai kehidupan, beliau mengatakan kita yang berkesempatan untuk berkuliah ini sepatutnya bersyukur karena diberikan kesempatan untuk belajar lebih. Dalam menjalani kehidupan perkuliahan dan berorganisasi Kak Gilang mengaku pernah melalui masa melelahkan, beliau mengatasi hal tersebut dengan mengunjungi tempat dimana beliau bisa melihat aktivitas keseharian masyarakat salah satunya adalah pasar. Dari sana beliau belajar masih banyak hal yang patut kita syukuri.

Acara Talkshow diakhiri dengan pemberian hadiah kenang-kenangan kepada kedua narasumber. Semoga setelah terselenggaranya Talkshow tersebut para audiens bisa belajar dan memetik banyak hal untuk dijadikan pedoman atau pemebelajaran untuk menjalani kehidupan sehari-hari.


Oleh : Himpunan Mahasiswa Sipil