Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu bentuk upaya atau pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) merupakan salah satu kegiatan yang telah difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Dan telah diberikan pedoman oleh kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Oleh Karena itu, Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan LKMM-TD untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.

Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 dengan mengusung tema “Insan Muda untuk Berkarya Bagi Nusa dan Bangsa”. Pada tahun ini panitia mengundang Muhammad Rizki Aulia yang merupakan Engineer of PT. Nindya Karya, Muhammad Wahyu Aji Nurcahyo yang merupakan staff dari Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian PUPR, dan Galang Kharisma M.N yang merupakan Owner dari Galangsport sebagai pemateri. Diawali dengan pembukaan acara yang selanjutnya dilanjutkan dengan sesi pemateri oleh pemateri. Sesi tanya jawab juga mewarnai jalannya acara tersebut untuk melihat antusiasme peserta LKMM-TD itu sendiri. Acara ini diakhiri dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman para peserta tentang materi yang telah disampaikan.

Setelah terselenggaranya acara LKMM-TD ini diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu menjadi pemimmpin yang baik namun, juga dapat memanajem waktu dengan seefektif mungkin. Selain itu diharapkan mahasiswa juga mampu mengambil keputusan secara bijak dan penuh pertimbangan yang objektif. Sehingga pada suatu hari nanti apabila nanti akhirnya terjun ke organisasi mereka sudah memiliki bekal dari dini untuk memanajemen diri dan manajemen waktu, juga memiliki jiwa profesionalitas dalam berorganisasi.


Oleh : Himpunan Mahasiswa Sipil