DONOR DARAH

Kebutuhan minimal darah di Indonesia saat ini mencapai 5,1 juta kantong darah pertahun. Namun, produksi darah dan komponennya baru mencapai 4,1 juta kantong atau bisa dikatakan masih di bawah kebutuhan. Untuk itu, akses masyarakat terhadap layanan darah yang aman dan bermutu perlu ditingkatkan. Menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong darah pertahun (2% jumlah penduduk Indonesia), sedangkan produksi darah dan komponennya saat ini sebanyak 4,1 juta kantong dari 3,4 juta donasi. Dari jumlah darah yang tersedia, 90% di antaranya berasal dari donasi sukarela.

Oleh sebab itu, pada Kamis, 2 Juni 2022 Himpunan Mahasiswa Sipil Bersama Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan Donor Darah yang bertemakan “Share Blood, Save Lives”. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Gedung A Fakultas Teknik Universitas Jember mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00. Dengan terlaksananya kegiatan ini, kami pihak Pengurus Himpunan berharap bisa membantu menyalurkan niat baik mahasiswa Teknik Universitas Jember untuk mendonorkan darahnya bagi orang yang membutuhkan. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan informasi tentang pentingnya donor darah bagi manusia.

Kegiatan Donor Darah Fakultas Teknik Universitas Jember 2022 dapat terlaksana dengan baik, ditunjukkan dengan jumlah partisipasi yang mencapai 55 orang dan beberapa diantaranya tidak memenuhi kualifikasi untuk bisa menjadi pendonor. Diharapkan dalam kegiatan Donor Darah 2022 ini mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran bagi diri mereka sendiri tentang kesehatan untuk berdonor dan menigkatkan rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama.


Oleh : Himpunan Mahasiswa Sipil