Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember baru saja memenangkan perlombaan National Balsa Bridge Competition yang bertemakan Jembatan Untuk Indonesia, Inovasi Dari Anak Negeri. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pancasakti Tegal pada tanggal 30 Oktober 2021. Mahasiswa dari Universitas Jember yang telah memenangkan perlombaan ini terdiri dari Aswintama Akbar Pangestu, Aditya Pratama Putra, dan Muhammad Akmal Fikri Amanda dengan tim yang bernama “Logawa Anantara” yang didampingi oleh Ibu Dr. Ir. Anik Ratnaningsih, S.T., M.T.. Arti “Logawa” sendiri adalah nama kereta yang digunakan oleh mahasiswa saat mengikuti lomba sedangkan “Anantara” adalah nama dari Angkatan 2020 yaitu angkatan dari anggota tim yang memiliki arti tanpa Jarak yang berarti walaupun terpisah karena kondisi apapun, kita akan tetap Bersama dan bersatu.

Tim Logawa Anantara mengatakan alasan mereka untuk mengikuti perlombaan ini tidak lain karena merasa tertarik untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang pembuatan miniatur jembatan. Partisipan lomba ini terbilang cukup banyak yaitu sebanyak 72 tim dari berbagai Universitas, untuk Universitas Jember sendiri mengirimkan sebanyak empat tim. Untuk mencapai kemenangan prosesnya tidaklah mudah, pada saat seleksi tahap eliminasi yang diadakan secara daring banyak dari tim yang tidak lolos karena tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh panitia, untung saja dari tim kami lolos dan sesuai ketentuan. Namun, Tim Logawa Anantara berhasil melewati seleksi tahap eliminasi dan sesuai dengan ketentuan.

Kemudian, pada saat pengujian beban pada tanggal 30 Oktober 2021 yang cukup menengangkan bagi teman-teman tim karena ini merupakan tahap final namun, mereka belum melakukan trial pada saat pembuatan benda karena waktunya terlalu sedikit. Saat tahap pengujian banyak tim yang memiliki efisiensi yang besar sedangkan benda yang dibuat oleh Tim Logawa Anantara memiliki berat yang sangat ringan yaitu 17,3 kg, namun hal itu tidak membuat mereka pantang semangat. Pada saat benda mereka diuji ternyata mampu menahan beban sebesar 45,65 kg dengan efisiensi 2,6 hal itu kemudian yang membuat Tim Logawa Anantara diumumkan sebagai juara.

“Semoga tim – tim dari Teknik Sipil Universitas Jember mampu mempertahankan gelar juaranya dan banyak juara dibidang lain selain jembatan / balsa” ujar mereka