ALGHATS18 – Banyak faktor menjadi kunci terlaksananya keselamatan jalan raya. Mulai dari pengemudi yang telah bersertifikasi, ketertiban daripada pengemudi dan pengguna jalan lainnya, serta penempatan rambu lalu lintas yang tepat sebagai acuan bagi para pengguna jalan.

Menurut PM No. 13 Tahun 2014, rambu lalu lintas adalah bagian perlengkapan jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan/atau perpaduan yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi pengguna jalan. Rambu lalu lintas tersebut dibagi menjadi empat (4) jenis dengan warna yang berbeda setiap jenisnya. Sudah tahu arti masing-masing warna rambu tersebut?

  • Warna Biru/Rambu Perintah

Rambu berwarna biru ini dilengkapi dengan warna geris tepi putih, warna lambang putih, dan warna huruf dan/atau angka putih. Rambu ini menyampaikan perintah yang harus dilakukan oleh para pengguna jalan.

Contoh rambu perintah antara lain: rambu perintah memasuki suatu jalur, rambu batas minimum kecepatan, serta rambu perintah bagi jenis kendaraan tertentu untuk melalui lajur dan/atau jalur tertentu.

  • Warna Merah/Rambu Larangan

Rambu berwarna dasar putih, garis tepi berwarna merah, lambang berwarna hitam, serta warna huruf dan/angka berwarna hitam digunakan untuk melarang pergerakan lalu lintas tertentu. Seperti rambu larangan berhenti, larangan menyalip, dsb.

  • Warna Kuning/Rambu Peringatan

Sebagai peringatan akan kemungkinan bahaya atau tempat berbahaya, rambu berwarna kuming ini dilengkapi dengan warna dasar kuning, warna garis tepi hitam, warna lambang hitam, serta warna huruf dan/atau angka hitam. Rambu kuning diatas misalnya, sudah tau artinya, kan?

  • Warna Hijau/Rambu Petunjuk

Rambu berwarna hijau menunjukkan informasi atau petunjuk mengenai arah dan lokasi fasilitas umum. Rambu berwarna dasar hijau, dengan garis tepi putih, lambang putih, serta huruf dan/angka putih.

Nah, selain empat warna tersebut, masih terdapat dua warna rambu lain yang mungkin sering pengguna jalan temui, yaitu:

  • Warna Coklat/Rambu Petunjuk Informasi Lokasi Khusus dan Kawasan Wisata

Rambu berwarna dasar coklat, garis tepi putih, warna lambang putih, serta huruf dan/atau angka putih ini memberikan informasi mengenai lokasi khusus dan kawasan wisata seperti lokasi perkemahan, taman safari, dll.

  • Warna Putih Garis/Rambu Batas Akhir Larangan

Rambu batas akhir larangan ini seperti namanya memberi isyarat mengenai batas akhir larangan daripada suatu larangan yang dinyatakan oleh rambu larangan.