Tim GJCAKYAN meraih kemenangan untuk kesekian kalinya pada UNESA BRIDGE COMPETITION (UBC)  Civil Month 2021. Setelah berkali-kali mengikuti serta memenangi beberapa lomba jembatan balsa, Tim GJCAKYAN menjadi semakin berpengalaman serta rutin menggapai kejuaraan.

Gian Ewaldo Madjid, Rindiyana Amavista, dan Dwi Bayu Novianto, tiga mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember dalam Tim GJCAKYAN mengikuti UNESA BRIDGE COMPETITION (UBC) Civil Month 2021 yang diadakan pada tanggal 13 Juli 2021 hingga 17 Agustus 2021 di Universitas Negeri Surabaya. Bertemakan Create Your Design and Release Your Skill, lomba jembatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap final.

Pada tahap penyisihan, tim GJCAKYAN membuat prototype jembatan menggunakan kayu balsa yang kemudian diuji dan berhasil menempati posisi ke-2. Dilanjutkan ke tahap final dimana tim mempresentasikan karyanya.

Tim menyampaikan bahwa hasil karya tim yang diserahkan pada perlombaan kali ini dibuat mirip dengan karya yang telah tim buat di perlombaan sebelumnya yang telah dimenangkan pula. Keputusan tersebut dilatar belakangi oleh ketentuan lomba yang hampir sama.

Pembuatan prototype desain hanya memakan waktu 1 hari, sedangkan pembuatan ppt presentasi memakan waktu lebih lama, yaitu selama satu minggu. Prototype ini memiliki berat sebesar 18,8 gram dengan kemampuan menahan beban sebesar 65,02 kg, sehingga memiliki efisiensi jembatan 3,458.

Disamping kemenangan yang telah Tim GJCAKYAN capai, tim  menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat dioptimalkan, seperti materi untuk presentasi karya. Selain itu, tim juga menyampaikan rasa senangnya karena dapat kembali memberi juara dan membawa nama Universitas Jember, serta memberi semangat kepada teman-teman mahasiswa Universitas Jember untuk terus berkarya.

Semangat!