Pada hari Rabu tanggal 17 Juni 2020, diselenggarakan Webinar Diskusi Publik dengan tema Adaptasi Bertransportasi Masa Kenormalan Baru. Kegiatan ini berlangsung secara daring menggunakan media Zoom. Narasumber yang hadir yaitu Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, Kepala Kepolisisan Resort Jember AKBP Aris Supriyono, S.I.K., M.Si serta Vice President PT. KAI (Persero) DAOP 9 Jember Agus Barkah Nugraha. Untuk peserta diskusi panel atau panelis, hadir dari Kepala UPT LLAJ Jember Dishub Prov. Jawa Timur Agus Wijaya, SH., M.Hum dan Kepala Terminal Tawang Alun Samson Wahyu Proyono. Akademisi dari Fakultas Teknik Universitas Jember Sonya Sulistyono hadir sebagai pembahas. Acara dibawakan oleh Willy Kriswardhana sebagai moderator dalam Webinar Diskusi Publik PII Cabang Jember.

Sementara itu, Ketua PII Cabang Jember Dr. Ir. Entin Hidayah, MUM yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa diadakannya diskusi antara Pemerintah Kabupaten, Kepolisian, Kereta Api, Dishub, dan Universitas jember mengenai masa kenormalan baru ini dapat membuat masyarakat merasa aman dan nyaman dalam bertransportasi.

Dalam webinar kali ini, narasumber pertama yaitu dr. Hj. Faida, MMR selaku Bupati Kabupaten Jember menyampaikan bahwa perlu adanya pemikiran dan diskusi bersama untuk menghadapi masa transisi atau adaptasi terhadap kenormalan baru dalam menghadapi pandemi covid-19. Beliau menjelaskan bahwa dampak dari adanya pandemi ini salah satunya adalah kekhawatiran masyarakat untuk menaiki transportasi umum yang juga berdampak pada penurunan penggunaan angkutan umum, sehingga otomatis akan berpengaruh pada penurunan penghasilan dari para pengemudi angkutan umum tersebut. Kemudian beliau menjelaskan mengenai strategi pelayanan transportasi menuju kenormalan baru ada 3 fase, yaitu fase 1 pembebasan bersyarat (9 Juni 2020 – 30 Juni 2020), fase 2 pemulihan (1 Juli 2020 – 31 Juli 2020), dan fase 3 normal baru (1 Agustus 2020 – 31 Agustus 2020). Pedoman dan petunjuk teknik pelaksanaan untuk tiap jenis kendaraan serta tiap zona yang berlaku sudah dipersiapkan dengan matang.

Narasumber kedua yaitu, Kepala Kepolisisan Resort Jember yang diwakili oleh Kasat Lantas menyampaikan materi yang berjudul Peran dan Fungsi Polri dalam mewujudkan Kamsebtibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) pada masa adaptasi kebiasaan baru. Beliau menyampaikan bahwa sudah hampir 4 bulan masyarakat hidup berdampingan dengan covid-19, selama itu pula pemerintah bekerjasama dengan polri juga instansi – instansi terkait lainnya berupaya mencari jalan keluar untuk kenormalan baru.

Narasumber terakhir yaitu, Vice President PT. KAI (Persero) DAOP 9 Jember Agus Barkah Nugraha menyampaikan materi yang berjudul Tatanan Baru Bertransportasi Kereta Api pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Beliau menyampaikan bahwa PT. Kereta Api Indonesia siap menjalankan perjalanan kereta api sesuai protokol kesehatan new normal dengan sangat ketat agar menumpang selamat, aman, nyaman, dan sehat. Protokol kesehatan penumpang kereta api telah dijalankan sejak tanggal 12 Juni 2020.

Setelah ketiga narasumber menyampaikan materinya, Sonya Sulistyono, Akademisi dari Universitas Jember selaku pembahas dalam webinar kali ini menyampaikan bahwa masyarakat belum masuk ke masa new normal melainkan baru masuk ke masa adaptasi menuju new normal. Dari sektor transportasi sudah tampak bahwa transportasi merupakan urat nadi kegiatan dan sangat terdampak akibat adanya pandemi covid-19 ini. Beberapa langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan instansi terkait transportasi sudah memberikan proteksi terhadap layanan transportasi juga pengguna layanan transportasi. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah bagaimana cara mensosialisasikan protokol kesehatan tersebut secara masive kepada masyarakat.

Peserta yang hadir terdiri dari kalangan dosen, mahasiswa, juga dari instansi terkait sangat antusias dalam mengikuti webinar ini. Materi yang dibawakan oleh tiap narasumber sangat informatif dan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami.