KURIKULUM PROGRAM STUDI
Prodi S1 Teknik Sipil selalu melakukan pemutakhiran kurikulum secara berkala yakni setiap lima tahun sekali, dengan kurikulum terbaru yang saat ini digunakan adalah kurikulum 2020. Proses evaluasi dan pemuktahiran kurikulum dilaksanakan berdasarkan pada masukan dari pemangku kepentingan internal (dosen, mahasiswa, dan tendik) dan eksternal (alumni dan pengguna/stakeholder), serta direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi, serta sesuai perkembangan IPTEKS dan kebutuhan pengguna/stakeholder.
Untuk pihak alumni diwakili oleh alumni 2017, 2016, dan 2015, sedangkan dari pihak stakeholder diantaranya diwakili oleh pihak kontraktor yaitu: PT. Hutama Karya, PT. Adi Karya, PT. Waskita Karya, PT. Nindya Karya, PT. Brantas Abipraya, kemudian dari konsultan seperti: PT. Dewi Permata Mandiri, PT. AKP Konsultan; sementara itu pihak dari departemen yang hadir yaitu Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum, PU Binamarga dan Sumber Daya air Kabupaten Jember, PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Jember, dan Pemkab Jember. Pihak akademisi yaitu Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang sedangkan dari pihak asosiasi profesi ketekniksipilan yang digunakan sebagai dasar penetapan kurikulum inti yaitu BMTSSI (Badan Musyawarah Teknik Sipil Seluruh Indonesia), HATHI (Himpunan Ahli Teknik Hidro Indonesia), HATI (Himpunan Ahli Tanah Indonesia), HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia), IAMPI (Ikatan Asosiasi Manajemen Proyek Indonesia), dan FSTPT (Forum Studi Transportasi Perguruan Tinggi.
Berikut ini adalah beberapa kegiatan terkait pemutakhiran kurikulum Prodi seperti:
- FGD dengan Asesor Akreditasi Internasional (ASIIN) yaitu dari ITB pada bulan Nopember 2019
- FGD dengan Ketua BMTSSI pada bulan Maret 2020
- FGD dengan pemangku kepentingan yaitu beberapa stakeholder seperti yang telah disebutkan di atas pada kegiatan FGD rekonstruksi kurikulum S1 Teknik Sipil Berbasis OBE yang diselenggarakan pada bulan Mei 2020
- FGD dalam kegiatan penyusunan dokumen pembelajaran berbasis OBE yang dilaksanakan pada bulan Juni 2020
- Review internal oleh LP3M (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu pada juni 2020
Selain kegiatan di atas, koordinasi internal dilakukan maisng-masing kelompok bidang keahlian (KBK). Sedangkan Mekanisme evaluasi dan pemutakhiran kurikulum meliputi:
- Pembentukan Tim Kurikulum
- Menjaring masukan dari pemangku kepentingan dari hasil survey kepuasan pengguna, FGD, open talk, komunikasi secara online seperti Zoom
- Analisis hasil masukan pada mekanisme 1 di atas pada rapat jurusan dan rapat prodi
- Rekonstruksi kurikulum oleh Tim Kurikulum
- Sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan
- Penerapan/pelaksanaan kurikulum
- Evaluasi berkala dan tindak lanjut
PROFIL PROFESIONAL MANDIRI (PPM)
Profil lulusan merupakan tahapan paling awal dalam proses penyusunan kurikulum. Profil lulusan ini selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran atau learning outcomes, yang merupakan kompetensi yang disusun dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) ditetapkan dengan memperhatikan profil lulusan yang ada serta pemenuhan level 6 KKNI.
Berdasarkan pertemuan-pertemuan yang dilakukan antara PSTS dan stakeholder, maka disusunlah 3 profil lulusan dari PSTS. Adapun stakeholder tersebut adalah dari Perusahaan, konsultan, BUMN, Asosiasi Keahlian. Profil lulusan dirumuskan dan dimutakhirkan secara rutin setiap lima tahun sekali dengan tujuan untuk menyesuaikan lulusan dengan kebutuhan pengguna dan perkembangan keilmuan. Berdasarkan profil lulusan yang ditetapkan, terdiri dari 1 Aspek Sikap, 2 Aspek Keterampilan Umum, 5 Aspek keterampilan khusus, dan 2 Aspek pengetahuan. Kompetensi ini selanjutnya diturunkan menjadi bahan kajian dan selanjutnya menjadi mata kuliah beserta satuan kredit semester (SKS). PSTS menetapkan 3 profil lulusan yang ditunjukkan pada Tabel dibawah ini.
Profil Lulusan/Profil Profesional Mandiri (PPM)
No |
Kode Profil Profesional Mandiri (PPM) |
Deskripsi Profil Profesional Mandiri (PPM) |
1 | PPM1 |
Sebagai Perencana, pelaksana konstruksi, supervisor dan pengelola di bidang infrastruktur teknik sipil yang memiliki etika dan tanggungjawab dalam menjalankan profesinya |
2 |
PPM2 |
Sebagai Wirausahawan yang menjalankan engineering praktisnya, menguasai IPTEK dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang teknik sipil |
3 |
PPM3 |
Sebagai individu yang selalu ingin mengembangkan diri untuk belajar, melakukan penelitian, kegiatan professional di bidang struktur, sumber daya air, transportasi, geoteknik, dan manajemen konstruksi |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
Program Studi S1 Teknik Sipil telah menetapkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam rangka mengikuti perkembangan kurikulum Outcome Based Education (OBE) dimana mengakomodir Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan sesuai KKNI level 6. Capaian pembelajaran diturunkan dari profil lulusan, mengacu pada hasil kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara program studi sejenis dan organisasi profesi, dan memenuhi level KKNI, serta dimutakhirkan secara berkala tiap lima tahun sesuai perkembangan IPTEKS dan kebutuhan pengguna. Capaian pembelajaran di semua mata kuliah merujuk pada CPL sehingga tidak ada capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) yang tidak mendukung capaian pembelajaran lulusan.
Capaian Pembelajaran Lulusan dan Hubungannya dengan PPM
CPL Prodi | PPM1 | PPM2 | PPM3 | |
CPL 1 | Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan teknologi untuk memecahkan permasalahan Teknik Sipil. | V | ||
CPL 2 | Mampu merancang kegiatan eksperimental dan lapangan serta mampu menganalisis data dan menginterpretasikan hasilnya untuk menyelesaikan permasalahan di bidang teknik sipil. | V | ||
CPL 3 | Mampu mengevaluasi hasil rancangan insfrastruktur yang aman dan berkelanjutan sesuai kebutuhan dan batasan yang ada dengan memanfaatkan sumber daya lokal, berwawasan global. | V | ||
CPL 4 | Mampu memilih alternatif terhadap hasil analisis untuk menyelesaikan permasalahan tekniksipil. | V | V | |
CPL 5 | Mampu mengkategeorikan prinsip ekonomi, sosial, politik,hukum, Kesehatan dan keselamatan, kewirausahaan dan isu-isu terkini dalam pembangunan infrastruktur teknik sipil | V | V | V |
CPL 6 | Mampu menampilkan rancangan berbasis IPTEKS terkini untuk membantu penyelesaian permasalahan teknik sipil dengan semangat pengembangan diri yang tinggi | V | V | V |
CPL 7 | Mampu bekerjasama dalam tim dari berbagai multidisiplin | V | V | |
CPL 8 | Mampu mengkomunikasikan hasilkaryanya secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. | V | ||
CPL 9 | Mampu menginternalisasikan etika profesi sesuai dengan nilai-nilai agama, dan norma akademik untuk menyelesaikan permasalahan di bidang Teknik sipil dalam rangka mendukung tumbuhnya rasa cinta tanah air. | V | V |
STRUKTUR MATA KULIAH PROGRAM STUDI
Struktur mata kuliah Program Studi terdiri dari 92 mata kuliah wajib dan pilihan, yang terbagi dalam 109 sks kuliah/responsi/tutorial, 31 sks praktikum/praktik/Praktik lapangan dan 5 sks seminar.
Pada program studi terdapat 9 mata kuliah capstone design dengan total sebesar 25 SKS. Mata kuliah tersebut yaitu: Penggambaran Konstruksi Bangunan, Geometrik Jalan Raya, Tugas Struktur Beton, Ekonomi Teknik dan RAB, Tugas Struktur Baja, Desain Proyek, Tugas Akhir, Risk Manajemen, dan Pengembangan Informasi Manajemen Proyek. RPS dari masing-masing mata kuliah tersebut telah mengandung panduan pelaksanaan (yang dituangkan dalam RTM dan LKM), rumusan capaian pembelajaran mata kuliah, dan juga syarat mata kuliah yang harus ditempuh sebelumnya.
Konversi bobot kredit untuk 1 sks kuliah/responsi/tutorial dari struktur matakuliah pada kurikulum program studi adalah setara dengan 50 menit dengan jumlah pertemuan efektif 14 kali. Sedangkan untuk 1 sks praktikum/praktik/praktik lapangan setara dengan 170 menit dengan jumlah pertemuan 16 kali. Sehingga, konversi bobot kredit mata kuliah ke jam untuk kuliah/responsi/tutorial adalah (109 x 14 x 50)/60 = 1.271,67 jam. Sementara untuk konversi bobot kredit mata kuliah ke jam untuk praktikum/praktik/Praktik lapangan adalah (31 x 14 x 170)/60 = 1.229,67 jam, dan untuk konversi bobot kredit mata kuliah ke jam untuk seminar (5 x14x100)/60 = 116,67 Jam. Sehingga total jam pembelajaran adalah 2618,01 jam, Maka PJP adalah 46,97%.
Struktur mata kuliah program studi dapat dilihat pada tabel dibawah ini
Struktur Mata Kuliah Program Studi
SEMESTER I | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
1 | MPK 900- | Pendidikan Agama | 2 | 0 | 0 | 2 | 20 | – |
2 | TKS 1107 | Matematika 1 | 4 | 0 | 0 | 4 | – | |
3 | TKS 1114 | Gambar Teknik | 1 | 0 | 1 | 2 | – | |
4 | TKS 1115 | Teknik Bahan Bangunan | 2 | 0 | 0 | 2 | – | |
5 | TKS 1117 | Fisika | 3 | 0 | 0 | 3 | – | |
6 | TKS 1118 | Statistik | 4 | 0 | 0 | 4 | – | |
7 | TKS 1119 | Kimia Dasar | 3 | 0 | 0 | 3 | – | |
SEMESTER II | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
8 | MPK 9007 | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | 0 | 2 | 21 | |
9 | TKS 1112 | Praktikum Uji Material | 0 | 0 | 1 | 1 | Teknik Bahan Bangunan | |
10 | TKS 1209 | Matematika 2 | 4 | 0 | 0 | 4 | Matematika 1 | |
11 | TKS 1215 | Penggambaran Konstruksi Bangunan | 1 | 0 | 1 | 2 | Gambar Teknik | |
12 | TKS 1218 | Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis | 2 | 0 | 0 | 2 | Gambar Teknik | |
13 | TKS 1219 | Fisika Terapan | 3 | 0 | 0 | 3 | Fisika | |
14 | TKS 1220 | Analisis Struktur Statis Tertentu | 3 | 0 | 0 | 3 | Fisika,matematika 1 | |
15 | TKS 1222 | Mekanika Bahan | 2 | 0 | 0 | 2 | Fisika,matematika 1 | |
16 | TKU 9002 | Bahasa Inggris | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
SEMESTER III | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
17 | TKS 1307 | Hidrolika | 2 | 0 | 0 | 2 | 21 | fisika terapan |
18 | TKS 1316 | Analisis Struktur Statis Tak Tentu | 3 | 0 | 0 | 3 | Analisis Struktur Statis Tertentu | |
19 | TKS 1323 | Praktikum Pemetaan | 0 | 0 | 1 | 1 | Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis | |
20 | TKS 1324 | Mekanika Tanah | 3 | 0 | 0 | 3 | Mekanika Bahan,matematika 2, Fisika | |
21 | TKS 1325 | Geometrik Jalan Raya | 2 | 0 | 1 | 3 | IUT, Fisika,gambar teknik | |
22 | TKS 1327 | Matematika Lanjut | 4 | 0 | 0 | 4 | Matematika 1, Matematika 2 | |
23 | TKS 1411 | Hidrologi | 2 | 0 | 1 | 3 | Statistik, IUT | |
24 | TKS 1507 | Struktur Kayu | 2 | 0 | 0 | 2 | Matematika 1,fisika,mekanika bahan | |
SEMESTER IV | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
25 | TKS 1216 | Praktikum Mekanika Tanah | 0 | 0 | 1 | 1 | 22 | Mekanika Tanah |
26 | TKS 1317 | Teknik Pondasi | 3 | 0 | 0 | 3 | Mekanika Tanah,matematika lanjut | |
27 | TKS 1320 | Rekayasa Lalu Lintas dan Sistem Transportasi | 2 | 0 | 1 | 3 | Statistik Terapan | |
28 | TKS 1412 | Irigasi dan Bangunan Air 1 | 2 | 0 | 0 | 2 | hidrolika,IUT,Mektan,konsbang | |
29 | TKS 1413 | Struktur Baja 1 | 3 | 0 | 0 | 3 | Analisis Struktur, Mekanika Bahan | |
30 | TKS 1414 | Struktur Beton 1 | 3 | 0 | 0 | 3 | Analisis Struktur, Mekanika Bahan | |
31 | TKS 1424 | Praktikum Hidrolika | 0 | 0 | 1 | 1 | Hidrolika | |
32 | TKS 1425 | Metode Numerik | 4 | 0 | 0 | 4 | matematika lanjut | |
33 | TKS 1521 | Teknik Gempa | 2 | 0 | 0 | 2 | Matematika lanjut,fisika | |
SEMESTER V | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
34 | TKS 1512 | Irigasi dan Bangunan Air 2 | 2 | 0 | 0 | 2 | 20 | Hidrolika, IUT, Mekanika Tanah |
35 | TKS 1517 | Manajemen Pengelolaan dan Pengendalian Alat Berat | 3 | 0 | 0 | 3 | IUT, Mekanika Tanah, teknik pondasi, geometrik jalan | |
36 | TKS 1518 | Teknik Pantai | 2 | 0 | 0 | 2 | Hidrologi, Matematika 2,fisika | |
37 | TKS 1522 | Manajemen Proyek, Etika Profesi, dan Aspek Hukum Konstruksi | 3 | 0 | 0 | 3 | Penggambaran konstruksi bangunan, struktur beton, struktur baja, bangunan air | |
38 | TKS 1524 | Struktur Perkerasan Jalan Raya | 2 | 0 | 0 | 2 | Mekanika Tanah, Matematika 1, tekbang | |
39 | TKS 1525 | Praktikum Perkerasan | 0 | 0 | 1 | 1 | sedang menempuh struktur perkerasan jalan raya | |
40 | TKS 1533 | Struktur Beton 2 | 2 | 0 | 0 | 2 | Struktur Beton 1 | |
41 | TKS 1595 | Tugas Struktur Beton | 0 | 0 | 1 | 1 | Struktur Beton | |
42 | TKS 1601 | Struktur Baja 2 | 2 | 0 | 0 | 2 | Struktur Baja 1 | |
43 | UNU 9001 | Pancasila | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
SEMESTER VI | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
44 | TKS 1513 | Struktur Jembatan | 2 | 0 | 0 | 2 | 20 | Analisis Struktur, Struktur Beton, Struktur Baja |
45 | TKS 1615 | Ekonomi Teknik dan RAB | 2 | 0 | 1 | 3 | Penggambaran konstruksi bangunan, struktur beton, struktur baja, bangunan air,MKAH | |
46 | TKS 1616 | Ilmu Lingkungan | 2 | 0 | 0 | 2 | – | |
47 | TKS 1648 | K3 Konstruksi | 2 | 0 | 0 | 2 | manajemen konstruksi,etika…. | |
48 | TKS 1684 | Tugas Struktur Baja | 0 | 0 | 1 | 1 | Struktur Baja | |
49 | TKS 1687 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal | 1 | 0 | 1 | 2 | bahasa indonesia, bahasa inggris | |
50 | TKS 1766 | Drainase | 2 | 0 | 0 | 2 | Hidrologi, Hidrolika, IUT, Mekanika Tanah | |
51 | TKU 9104 | Kewirausahaan | 2 | 0 | 0 | 2 | sudah menempuh atau sedang menempuh ekonomi teknik & RAB, MKAH | |
MKP1 | 2 | 0 | 0 | 2 | sesuai peminatan | |||
MKP2 | 2 | 0 | 0 | 2 | sesuai peminatan | |||
SEMESTER VII | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
52 | MPK 9006 | Kewarganegaraan | 2 | 0 | 0 | 2 | 13 | – |
53 | TKS 1003 | KKN | 0 | 0 | 3 | 3 | minimal 110 sks | |
54 | TKS 1717 | Desain Proyek | 0 | 0 | 2 | 2 | Ekonomi Teknik & RAB, Manajemen Proyek | |
MKP1 | 2 | 0 | 0 | 2 | sesuai peminatan | |||
MKP2 | 2 | 0 | 0 | 2 | sesuai peminatan | |||
MKP3 | 2 | 0 | 0 | 2 | sesuai peminatan | |||
SEMESTER VIII | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | Total SKS Semester | Keterangan Matakuliah Bersyarat |
55 | TKS 1004 | Kerja Praktik | 0 | 0 | 3 | 3 | 8 | minimal 120 sks |
56 | TKS 1007 | Tugas Akhir | 0 | 5 | 0 | 5 | sesuai peminatan | |
145 | 145 | |||||||
MATAKULIAH PILIHAN SEMESTER GASAL | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | PRaktikum | SKS | ||
57 | TKS 1765 | Geologi Teknik | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
58 | TKS 1767 | Pemodelan Hidroteknik | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
59 | TKS 1768 | Keselamatan Jalan Raya | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
60 | TKS 1769 | PSDA | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
61 | TKS 1771 | Manajemen Procurement | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
62 | TKS 1772 | Manajemen Optimasi Konstruksi | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
63 | TKS 1773 | Teknik Sungai | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
64 | TKS 1774 | Plat dan Cangkang | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
65 | TKS 1775 | Elemen Hingga | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
66 | TKS 1776 | Beton Pratekan | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
67 | TKS 1778 | Perencanaan Bangunan Pantai | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
68 | TKS 1779 | Pemrog. Komputer Untuk Teknik Sipil | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
69 | TKS 1780 | Pengantar model geoteknik | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
70 | TKS 1781 | Operasi dan Pemeliharaan Bangunan Air | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
71 | TKS 1782 | Perencanaan Bandara | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
72 | TKS 1783 | Perencanan Jalan Rel | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
73 | TKS 1785 | Rekayasa Nilai (value engineering) | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
74 | TKS1786 | Kapita Selekta | 0 | 0 | 3 | 3 | ||
75 | TKS1787 | Topik Khusus Rekayasa Sipil | 0 | 0 | 3 | 3 | ||
76 | TKS1788 | Magang Industri | 0 | 0 | 3 | 3 | ||
MATAKULIAH PILIHAN SEMESTER GENAP | ||||||||
No | Kode | Matakuliah | Tatap Muka | Seminar | Praktikum | SKS | ||
77 | TKS 1667 | Pengantar dinamika tanah dan pondasi dinamis | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
78 | TKS 1669 | Dinamika Struktur | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
79 | TKS 1670 | Manajemen Properti/Real Estate | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
80 | TKS 1671 | Risk Management | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
81 | TKS 1673 | Manajemen Operasional dan Pemeliharaan Infrastruktur | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
82 | TKS 1674 | Perbaikan Tanah | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
83 | TKS 1675 | Eksplorasi Air Tanah | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
84 | TKS 1676 | Analisis Dampak Lalu Lintas | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
85 | TKS 1677 | Manajemen Perkerasan Jalan Raya | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
86 | TKS 1678 | Analisis Struktur Matrik | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
87 | TKS 1679 | Perencanaan Pelabuhan | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
88 | TKS 1680 | Waduk dan Tenaga Air | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
89 | TKS 1681 | Pengembangan Model Informasi Manajemen Proyek | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
90 | TKS 1684 | Teknik Bendungan | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
91 | TKS 1685 | Operasi Riset untuk Rekayasa Transportasi | 2 | 0 | 0 | 2 | ||
92 | TKU 9101 | Teknologi Informasi | 2 | 0 | 0 | 2 |