KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN (STAKEHOLDER)

Pengukuran kualitas kinerja lulusan Prodi dilakukan melalui survei secara daring yang dilakukan kepada pengguna lulusan untuk diisi sehingga dapat diketahui kepuasan pengguna lulusan yang dilihat pada beberapa indikator yaitu (1) Etika bekerja lulusan yang dipekerjakan; (2) Kesesuaian keahlian lulusan dengan bidang kerja lembaga tempat bekerja; (3) Kemampuan berbahasa asing; (4) Kemampuan lulusan menggunakan teknologi informasi; (5) Kemampuan lulusan dalam mengomunikasikan ide di lingkungan pekerjaan; (6) Kemampuan lulusan bekerja sama dalam tim; dan (7) Kemampuan lulusan untuk mengembangkan karirnya. Survei daring disebarkan melalui sosialisasi pada lulusan melalui zoom meeting dan juga menghubungi pengguna secara langsung secara daring. Adapun link survei yang disebarkan adalah https://unej.id/UserSurveyS1Sipil. Tingkat kepuasan pengguna lulusan berdasarkan hasil survei secara keseluruhan ditunjukkan pada Gambar disamping.

Jumlah responden pengguna lulusan yang telah memberikan respon adalah sebanyak 119 responden. Pada indikator etika pada penilaian lulusan oleh pengguna, 76% dari 199 responden menyatakan bahwa lulusan Prodi memiliki etika sangat baik dan sebanyak 1,26 % menyatakan lulusan cukup memiliki etika. Pada indikator yang lain yaitu kompetensi utama, kemampuan berbahasa asing, penggunaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, Kerjasama tim dan kemampuan pengembangan diri lulusan menunjukkan bahwa lebih dari 60% responden menyatakan nilai sangat baik pada kesemua indikator tersebut. Upaya dalam meningkatkan kualitas lulusan terutama pada 7 indikator tersebut dilakukan oleh Prodi melalui Rencana Tindak Lanjut Prodi dan Fakultas. Rencana tindak lanjut tersebut dapat dilihat pada Tabel dibawah ini.

Kepuasan Pengguna Lulusan

No.

Jenis Kemampuan

Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS

1

2

3

1 Etika Peningkatan disiplin, attitude dan moral melalui pemantapan dalam pembelajaran terkait dengan sikap, tanggung jawab dan moral.
2 Keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama) Peningkatan kompetensi pada bidang ilmu akan diperkuat dengan magang, kuliah tamu, sharing knowledge dengan industri dan alumni, pelatihan sertifikasi keahlian dengan dinas dan asosiasi.
3 Kemampuan berbahasa asing Peningkatan kuantitas muatan review artikel internasional, pembekalan dalam PKM karya ilmiah internasional melalui klinik penulisan berbahasa asing, menambahkan tugas presentasi dalam bahasa inggris, pelatihan bahasa inggris.
4 Penggunaan teknologi informasi Penambahan waktu dan muatan dalam penguasaan IPTEK dalam matakuliah, pelatihan IPTEK terkait ketekniksipilan.
5 Kemampuan berkomunikasi Peningkatan kuantitasĀ  tugas presentasi secara lisan dalam setiap matakuliah, memberikan kesempatan untuk magang industri, mengirim mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan lomba.
6 Kerjasama tim Peningkatan jumlah muatan dalam kerja tim dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam bentuk proyek, magang, kerja praktek, disain proyek.
7 Pengembangan diri Optimalisasi pada kegiatan UKM dan pengembangan diri mahasiswa dan menyediakan beasiswa atau bantuan dana untuk mengikuti pelatihan profesional, ketrampilan maupun keahlian.