Oleh: Angginil

Teknik Sipil Universitas Jember mendapat kabar gembira lagi. Pada tanggal 2 Oktober hingga 6 Oktober 2019 kemarin, Teknik Sipil Universitas Jember kembali mengharumkan nama almamater dengan meraih juara 3 dalam Geotechnical Engineering Competition Civil Expo 2019 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya.

Prestasi ini diraih oleh Tim Logawa Land yang diketuai oleh Luqman Hakim ini beranggotakan Hudha Yuka Mahendra dan Rizvan Auzan yang semuanya adalah Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember angkatan 2017. Mereka berhasil mendapat juara 3 dalam Geotechnical Engineering Competition Civil Expo 2019.

Kompetisi ini mengusung tema Innovation Planning in Soil Improvement dengan permasalahan yang diberikan sebatas masalah geoteknik dengan penggunaan geosintetis untuk perbaikan tanah. Sedikit cerita mengenai kompetisi ini. Kasus ini berupa kondisi lapangan di Surabaya yang merupakan tanah lempung lunak dan dikhawatirkan mengalami penurunan yang berakibat pada retaknya bangunan. Dari Kasus tersebut masing-masing finalis memberi hasil dalam bentuk Makalah Ilmiah dan Slide Presentasi lengkap dengan perencanaan anggaran biaya dan pelaksanaannya. Mereka diberi waktu 1 jam dengan komunikasi terbatas dan diawasi panitia. Tim Logawa Land berhasil mengembangkan metode yang sudah ada menjadi metode yang lebih efisien yaitu dengan Metode Preloading + PVD dan Geotextile. Kemudian mereka melakukan presentasi di depan dewan juri dalam waktu 10 menit dan sesi jawab 20 menit. Dengan inovasi yang mereka buat ini, penggeluaran biaya akan menjadi lebih hemat. Biaya yang digunakan untuk memperbaiki struktur bangunan yang retak akan hilang karena struktur tanah sudah diperbaiki di awal.

Peserta yang kebanyakan merupakan mahasiswa semester tujuh ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim Logawa Land karena mereka masih menempuh semester 5 sedangkan materi Geoteknik yang di lombakan merupakan materi mahasiswa teknik sipil di semester 6. Mereka harus banyak belajar dan melakukan improvisasi keilmuan agar dapat mengimbangi rivalnya. Selama kompetisi, Logawa Land dibantu oleh Bapak Paksitya Purnama Putra, S.T., M.T; Bapak Luthfi Amri Wicaksono, S.T., M.T; Indra Nurtjahjaningtyas, S.T., M.T; dan Bapak Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T.

Tim Logawa Land bersyukur bisa mengharumkan nama Teknik Sipil Universitas Jember dengan membawa Juara 3. Kesan mereka selama kompetisi yaitu, mereka senang mendapat pengalaman baru, dan relasi baru. Pesan mereka semoga ada teman – teman atau adik – adik yang berminat mendalami ilmu geoteknik. Di dalam teknik sipil tidak hanya ada tentang struktur tetapi masih ada banyak lainnya salah satunya adalah Ilmu Geoteknik. Ilmu geoteknik adalah ilmu paling penting karena semua struktur intinya adalah tanah itu sendiri.

“Belajar tanah memang sulit tapi dibuat asik saja,” – Logawa Land

One Thought on “Team Logawa Land, Juara 3 ‘Geotechnical Engineering Competition’ Civil Expo ITS 2019”

  • I’m extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one these days..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *