Pada tanggal 31 Januari 2020 hingga 2 Februari 2020, Teknik Sipil Universitas Jember kembali mendapat juara pada Design-Tender Competition ITB Civil Engineering Expo 2020. Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember kembali mengharumkan nama almamater dengan meraih juara 3 dalam Design-Tender Competition dalam Civil Engineering Expo 2020 yang dilaksanakan oleh Institut Teknologi Bandung di Bandung.

Prestasi ini diraih oleh Tim Mada Logawa Cons. yang beranggotakan Mochammad Roziqin, Hari Subagio, dan Sulfiatun Faizeh yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2016. Mereka berhasil mendapat juara 3 dalam Design-Tender Competition ICEE 2020.

Kompetisi ini mengusung tema “Optimasi Sistem Transportasi Indonesia”. Design-Tender Competition ini merupakan salah satu kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Sipil ITB dikemas ke dalam kegiatan yang bernama “ITB Civil Engineering Expo 2020”. Lomba Design-Tender Competition ini diikuti oleh Mahasiswa aktif (D3/D4/S1) jurusan teknik sipil perguruan tinggi negeri/swasta di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk mengembangan profil mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya serta memberikan tantangan untuk mahasiswa berinovasi. Design-Tender Competition ini merupakan lomba untuk mendesain perkerasan runway pada proyek bandara untuk pemeliharaan serta perancangan metode pelaksanaan, pendanaan, dan penjadwalan dengan efektif dan efisien. Lelang ini bersifat tertutup dengan menggunakan sistem pascakualifikasi. Design-Tender Competition ICEE 2020 diadakan sebagai wadah pembelajaran serta pengembangan diri dalam melakukan analisis tender proyek dengan melakukan design perkerasan jalan sebagai struktur pergerakan transportasi, perhitungan estimasi biaya konstruksi serta penjadwalan proyek. Dalam kompetisi tersebut, Mada Logawa Cons. Mempersiapkan sebuah dokumen tender berisikan surat-surat untuk kepentingan tender, pra desain, administrasi tender, data eksisting, DEDC, perhitungan tebal perkerasan runway, gambar rencana, WBS, BoQ, RKS, metode pelaksanaan yang dilengkapi dengan gambar 3D, harga satuan, AHSP, RAB, dan kurva S. Mada Logawa Cons. berhasil mengerjakan dokumen dalam waktu yang cukup singkat yaitu selama 4 bulan dari tenggat waktu 9 bulan dengan menggunakan program bantu COMFAA dan FAARFIELD untuk menganalisis tebal perkerasan eksisting. Tentunya Tim Mada Logawa Cons. dibantu oleh beberapa dosen Teknik Sipil Universitas Jember diantaranya yaitu Dr. Anik Ratnaningsih, S.T.,M.T; Anita Trisiana, S.T.,M.T; Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T; Dr. Gusfan Halik, S.T.,M.T; serta Willy Kriswardhana, S.T.,M.T.

Tim Mada Logawa Cons. mempersiapkan materi sampe larut malam sehingga pada hari H dan mampu memberikan presentasi semaksimal mungkin. Hingga pada akhirnya mereka mampu berdiri di atas panggung bersama 2 finalis dari UGM serta dinobatkan sebagai juara 3 dalam lomba tender kali ini. Berkat bimbingan dari dosen konsultasi serta alumni mereka mampu menyelesaikan dokumen sesuai waktu yang disediakan dan menjadi salah satu dokumen terbaik. Rasa minder pasti ada dimana Tim Mada Logawa Cons. harus bersaing dengan 2 finalis dari UGM serta 2 finalis dari ITB selaku tuan rumah, namun support dari segala pihak mampu memberikan energi tambahan bagi Tim Mada Logawa Cons. untuk membuktikan bahwa mahasiswa Teknik SIpil Universitas Jember bisa bersaing dalam lomba tender ini.

 “Don’t tell people your plans, show them your result,” – Anonymous

Leave a Reply

Your email address will not be published.