Sekali mendayung dua tiga pulau terlampui. Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember kembali mendapat juara pada Indonesian civil and environmental festival 2019. Pada tanggal 10 Oktober hingga 13 Oktober 2019 kemarin, Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember kembali mengharumkan nama almamater dengan meraih juara 2 Desain ECO Village dan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah serta poster terbaik dalam Indonesian civil and environmental festival 2019 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor di Bogor, Jawa Barat.

Prestasi ini diraih oleh Tim Fortune Logawa (Tim Desain ECO Village) yang beranggotakan Mochamad Miftah Surya Putra, Maheza Sebastian Yudistira, dan Ratih Wulandari Furtuna Dewi serta Tim Planej Logawa (Tim LKTI) yang beranggotakan Cahyadi Setya Nugraha, Robit Dahnial Ilhaq, dan Wafi Farhan Hermawan yang semuanya adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember dari Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Lingkungan, dan Prodi Perencanaan Wilayah Kota (PWK) angkatan 2017 dan 2018. Mereka berhasil mendapat juara 1 dan 2 dalam Indonesian civil and environmental festival 2019.

Indonesian Civil and environmental festival memiliki tiga kategori lomba yaitu LKTI, Desain ECO Village dan Maket Jembatan yang diikuti siswa dan mahasiswa seluruh Indonesia dan diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan IPB. Lomba desain Eco village merupakan lomba tentang tata ulang pengelolaan sampah di daerah setempat. Tim Fortune Logawa dengan dibimbing oleh Ibu Yuliana Sukarmawati, S.T., M.T berhasil membuat inovasi dengan Sistem Omega Cycle yaitu, pengelolaan sampah terpadu di TPA Pakusari melalui pemberdayaan masyarakat. Keunggulan desain mereka adalah modifikasi gabungan antara mesin komposting, gas methan dan bak penampung air lindi. Sedangkan Tim Planej Logawa dengan dibimbing oleh Bapak Ivan Agusta Farizkha, S.T., M.T berhasil membuat karya tulis ilmiah inovasi bangunan pintar dan bangunan hijau sebagai kontruksi bangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Tak hanya perlombaan, Indonesian civil and environmental festival 2019 IPB juga terdapat acara seminar nasional dengan Tema Great Infrastruktur great Environment yang diisi oleh pemateri luar biasa yaitu dari pemilik perusahaan geosistem, ketua BMKG, perusahaan Perumahan PP, gubernur Jawa barat, dan pemateri dari DLH Jawa barat.

Tim Fortune Logawa dan Tim Planej Logawa bersyukur bisa mengharumkan nama Teknik Sipil Universitas Jember dengan membawa Juara 1 dan 2. Kesan mereka selama kompetisi yaitu, mereka senang mendapat pengalaman baru, dan relasi baru serta panitia yang melayani kami dengan fasilitas yang cukup baik membuat kami betah serta suguhan indah kota Bogor yang mendukung. Pesan mereka semoga teman – teman Teknik Sipil yang lain ikut berpartisipasi jika ada perlombaan. Jika orang tua ingin kita lulus tepat waktu dengan nilai cumlaude, kenapa kita tidak bisa memberi lebih dengan prestasi lomba seperti ini?

“Stop doubting yourself, work hard, and make it happen” – Anonymous

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *