Oleh: Angginil

Tidak pernah bosan – bosannya, pada tanggal 22 September hingga 25 September 2019 lagi – lagi Teknik Sipil Universitas Jember dengan bangga berhasil mendapatkan juara Best Maket dalam perlombaan internasional UTM Bridge Model Competition 2019 yang dilaksanakan di Universitas Teknologi Malaysia, Johor, Malaysia.

Prestasi ini diraih oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember angkatan 2016 yaitu Yoga Tilang Pratama, Janed Janata Nugraga, Ilga Adytia Ramadhan, dan Iklil Afrida yang tergabung dalam tim ‘Mahawira Team’. Mereka berhasil memenangkan kategori Best Maket dengan desain jembatan bertema Gatotkaca.

Perlombaan International UTM Bridge Model Competition 2019 diadakan tiap 2 tahun sekali dan diikuti oleh bermacam-macam institusi dari berbagai negara termasuk SMA dan Universitas. Tidak ada tema khusus dalam International UTM Bridge Model Competition 2019 ini. Sedangkan kategori yang dilombakan adalah lighness and strength, creativity and buildability, poster and multimedia, dan ditambah satu kategori spesial tambahan yaitu best booth. Selama perlombaan, Mahawira Team dibimbing oleh Dr. Anik Ratnaningsih, S.T., M.T .

Sedikit cerita mengenai Gatotkaca bridge ini, pemilihan Gatotkaca sebagai tema dari jembatan mereka tidak sembarangan. Jembatan yang dibuat ini bernama Gatotkaca Bridge. Unsur yang digunakan sebagai acuan adalah tokoh Gatotkaca, bintang 8 sisi yang ada di dada Gatotkaca dan busur kuntawijayadanu yaitu senjata si Gatotkaca. Diambil tokoh gatotkaca karena diharapkan jembatannya kuat dan kokoh layaknya figure gatotkaca pada kisah perwayangan Pandawa yang memiliki slogan otot kawat tulang besi. Unsur – unsur seperti bintang 8 sisi pada gatotkaca melambangkan cahaya saat kegelapan sehingga jembatan dapat menjadi sebuah kebanggaan, bentuk bintang yang digunakan dalam rangka jembatan dan melambangkan presisi, kejayaan juga simetris. Sedangkan Bentuk deck jembatan yang lengkung menyerupai bentuk busur kuntawijayadanu dengan kelebihan bentuk busur yaitu deck mempunyai extra tension, kekuatan dan lebih daktail. Semua unsurnya memiliki arti dan sangat relevan dengan desain jembatan yang dirancang begitu apik ini.

Berikut adalah sebuah video teaser Gatotkaca Bridge:

Walaupun tidak berhasil menduduki juara pertama, Berkat desain unik dan menarik dari Gatotkaca Bridge ini, mereka berhasil memenangkan kategori Best Maket yang sangat membanggakan Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember. Pesan dan kesan dari Mahawira Team adalah kompetisi jembatan di UTM merupakan pengalaman yang sangat mengesankan dan sulit dilupakan, agar dapat bersaing di ajang internasional diperlukan semangat dan kerja keras ekstra. Semoga kedepannya lebih banyak mahasiswa yang ikut dalam ajang kompetisi serupa agar dapat mengharumkan nama bangsa dan universitas.

 “Nobody said it would be easy, so don’t give up when it gets hard”

 

One Thought on “Gatotkaca Bridge, Best Maket International UTM Bridge Model Competition”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *