Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL dirancang mendasarkan kepada kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) KKNI level 6. Kurikulum Prodi S-1 Teknik Sipil terdiri dari Kelompok Matakuliah Institusional Universitas sebanyak 11 SKS, Kelompok Matakuliah Institusional Fakultas sebanyak 6 SKS, Kelompok Matakuliah Wajib sebanyak 117 SKS, dan Kelompok Matakuliah pilihan sebanyak 10 SKS. Total SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebanyak 144 SKS.

Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Prodi S-1 Teknik Sipil. Kurikulum memuat matakuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi matakuliah, silabus, rencana pembelajaran semester (RPS) dan evaluasi yang tertuang dalam pedoman akademik Prodi S-1 Teknik Sipil.

Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi

Untuk melihat penjelasan selanjutnya:

  1. Kompetensi Lulusan
  2. Capaian Pembelajaran
  3. Struktur Kurikulum