Kepala Laboratorium

Januar Fery Irawan

Januar Fery Irawan

Kepala Laboratorium Komputasi

Peran Laboratorium Komputasi :

  • Fasilitas pembelajaran
    Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini penguasaan teknologi komputasi dan program penunjang perhitungan struktur menjadi tuntutan dunia kerja dan pengembangan kompetensi. Untuk itu laboratorium komputasi harus bisa menjadi penyedia fasilitas pembekalan pemahaman penggunaan komputer dalam bidang ketekniksipilan yang diperlukan oleh mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja.
  • Akses pustaka IT dan software sebagai alat untuk menunjang kurikulum dan penelitian
    Kebutuhan software dan pustaka IT yang berlisensi sebagai perlengkapan dalam proses pembelajaran sesuai kurikulum dan penelitian saat ini semakin diperlukan. Untuk itu di masa yang akan datang Laboratorium Komputasi diharapkan dapat menjadi sarana penyedia software maupun pustaka-pustaka IT yang berlinsensi sehingga bisa menunjang proses pembelajaran dan penelitian maupun pengembangan komputasi bidang teknik sipil.
  • Konsultasi 
    Laboratorium komputasi diharapkan juga mampu memberikan fasilitas konsultasi, terutama bagi mahasiswa maupun konsultasi kepada masyarakat secara umum. Dengan demikian diharapkan laboratorium komputasi bisa meneyediakan tenaga ahli yang memahami pemrograman komputer dan pemodelan sehingga bisa membantu mahasiswa maupun masyarakat umum yang memerlukan bantuan konsultasi terkait perhitungan atau pemodelan komputer untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi.
  • Pelatihan/workshop
    Kebutuhan penyelenggaraan pelatihan sesungguhnya cukup tinggi dengan melihat banyaknya permintaan pelatihan yang datang ke prodi maupun kepada peneliti/tenaga ahli di lingkungan prodi. Khusus untuk mahasiswa, penyelenggaraan pelatihan atau kursus diharapkan bisa meningkatkan pemahaman mahasiswa bagaimana melakukan pemodelan dan perhitungan dengan menggunakan software bidang teknik sipil sehingga bisa menjadi bekal untuk bisa bekerja setelah lulus dari prodi.
  • Pelayanan web/software 
    Kedepan laboratorium diharapkan mampu mengembangkan software – software sederhana tentang ketekniksipilan berbasis web. Dimana software sederhana ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun khalayak umum.