ALGHATS18 – Kereta api, salah satu penunjang transportasi paling umum digunakan masyarakat Indonesia, serta masyarakat di belahan dunia lain. Demikian beberapa stasiun kereta dengan tingkat kesibukan tertinggi di dunia.

Shinjuku Station – Tokyo,  Japan

            Mulai dibuka pada tahun 1885, stasiun Shinjuku pada awalnya merupakan stasiun dengan penumpang yang cenderung lebih sedikit daripada stasiun lainnya. Hingga pada tahun 1915 dan 1923, pembukaan jalur Keio dan jalur Odakyu membawa peningkatan penumpang di stasiun Shinjuku. Saat ini, stasiun Shinjuku dengan 36 platform – di permukaan serta bawah tanah, lebih dari 200 pintu keluar, menjadi stasiun penghubung utama lalu lintas kereta api antara kawasan bisnis tokyo dengan daerah-daerah lain di sebelah baratnya. Stasiun Shinjuku menempati posisi atas stasiun tersibuk dengan lebih dari 3,6 juta penumpang per hari.

Grand Central Station – United States

            Terletak pada 42nd Street, New York City, stasiun ini melayani penumpang yang akan bepergian ke Duchess, Westchester, serta Putnam. Sekitar 750 ribu penumpang menggunakan layanan stasiun Grand Central setiap harinya, menjadikannya sebagai salah satu stasiun kereta tersibuk di North America. Stasiun ini memiliki 44 platform dimana seluruhnya terletak di permukaan tanah dengan 56 jalur, tetapi hanya 43 platform yang digunakan. Arsitektur yang khas serta desain interior stasiun ini membawanya masuk pada list US National Historic Landmark, serta menjadikannya salah satu ­tempat yang sering dikunjungi turis.

London Waterloo – United Kingdom

            Sebagai stassiun dengan area terbesar serta tersibuk di Britain, London Waterloo menjadi tempat penting. Dibuka pada 1848 untuk menggantikan Nine Elms, stasiun ini kemudian dibangun kembali pada awal abad ke-20 untuk menambahkan Victoria Arch pada pintu masuk dan kembali dibuka pada tahun 1922. London Waterloo memiliki 130 gerbang tiket otomatis serta 24 platform kereta.

Hamburg Hauptbahnhof – Germany

            Melayani kurang lebih 480 ribu penumpang setiap harinya, Hamburg Hauptbahnhof menjadi stasiun tersibuk ketiga di Eropa setelah Gare du Nord dan Gare de Chatelet, yang keduanya terletak di Paris. Stasiun ini merupakan stasiun yang menghubungkan rute menuju U-Bahn dan S-Bahn, dua persimpangan pusat untuk transit di kota.

Flinders Street Railway Station – Australia

            Flinders Street Railway Station merupakan stasiun kereta api pertama di Australia City serta stasiun tersibuk pada tahun 1920-an. Stasiun yang terletak pada Flinders dan Swanton, Melbourne ini kurang lebih sebanyak 92 ribu penumpang menggunakan layanan stasiun ini per harinya. Selain itu, Flinders Street Railway Station juga menjadi penyebrangan pejalan kaki tersibuk di Melbourne. Bangunan utama selesai pada 1909 dan tertulis pada ­Victorian Heritage Register. Terdapat kalimat terkenal di Melbourne, yaitu “I’ll meet you under the clocks” dan “I’ll meet you on the step” yang merujuk pada jam di pintu masuk utama serta tangga besar dibawah jam tersebut.