Paksitya Purnama Putra, ST., MT.

Workshop dimulai tepat pukul 13.00 hari selasa tanggal 8 Desember 2020. Pembukaan disampaikan oleh Paksitya Purnama Putra, ST., MT. dengan mengucapkan salam. Dalam pemaparan awal, dijelaskan mengenai peranan video pembelajaran yakni berperan penting untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dalam kondisi saat ini, dimana kondisi pandemi mengharuskan semua bentuk kegiatan pembelajaran dilaksanakan dari rumah dengan mengusung kegiatan pembelajaran online. Beliau juga menjelaskan bagaimana pandemi mengubah metode pembelajaran dari yang awalnya secara synchronous menjadi Asynchronous. Dalam pembelajaran Synchronous, pelajar belajar diwaktu yang sama, komunikasi terjadi pada pertemuan langsung, memungkinkan lebih menarik dan efektif, serta memungkinkan untuk adanya umpan balik dan klarifikasi secara langsung. Sedangkan pada pembelaaran Asynchronus, pelajar dapat belajar pada waktu yang berbeda, tidak dilakukan komunikasi secara langsung, memungkinkan lebih nyaman dan fleksibel, serta memperbolehkan pelajar untuk bekerja sesuai dengan kemampuannya sendiri. Media-media pembelajaran sinkron adalah seperti Zoom, Google Meet, Jitsi Meet, BigBlueButton, Cisco Webex, dsbg. Sedangkan media-media pembelajaran Asinkron bisa melalui Youtube, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Aplikasi penunang pembuat video pembelajaran diantaranya adalah Videoscribe, Powtoon, Filmora9, OBS Studio, Vegas Pro,, Adobe Premmier, Camtasia, dsbg yang berfungsi sebagai media perekam video hingga pengedit video. Dijelaskan pula hasil-hasil video pembelajaran yang telah dipublikasikan oleh beberapa orang menggunakan media bantu Videoscribe, Powtoon, Kinemaster, dan Bandicam.

Dalam Workshop kali ini, beliau memaparkan bagaimana cara pembuatan video pembelajaran paktikum yang telah beliau buat. Terdapat tiga software yang dipergunakan meliputi Adobe Premiere Pro CC, OBS Studio, dan Power Point. Adobe Premiere dipergunakan untuk mengedit hasil rekaman video, OBS Studio dipergunakan untuk merekam layar hasil dari rancangan Power Point. Alat-alat wajib yang dibutuhkan selema perekaman video adalah Laptop, Kamera, Perekam Audio, Tripod untuk kamera, sedangkan alat tambahan berupa Microphone, dan Lighting.

Tahapan pembuatan video terdiri dari 3 tahap, yakni tahap persiapan, tahap rekaman, dan tahap editing. Tahap persiapan meliputi Pembuatan skrip video, Penyiapan tempat, alat, dan bahan, Penyiapan Aktor, serta Pembuatan Slideshow Perhitungan. Skrip video merupakan hal penting yang harus dibuat, karena runtutan pengambilan video serta editing dapat di pantau melalui skrip tersebut. Semua tata cara, gerak dan suara diatur dalam skrip video ini. Sehingga, akan sangat membantu dalam proses editing. Pembuatan slideshow perhitungan dilakukan menggunakan bantuan program Power Point Presentation (PPT). Animasi-animasi yang tersedia pada PPT dipergunakan dengan maksimal untuk menjelaskan secara detail perhitungan. Pada Tahap Rekaman, dimaksudkan dengan melakukan rekaman video, audio, serta rekaman layar perhitungan sesuai dengan skrip yang dibuat. Pada tahap editing, dimaksudkan untuk menggabungkan semua komponen video dan audio dasar yang telah direkam untuk menjadi satu kesatuan video pembelajaran.

Paksitya Purnama Putra, ST., MT. melanjutkan dengan praktek langsung tahap editing video dengan menggunakan program Adobe Premiere. Beliau menjelaskan bagian-bagian yang muncul pada layar setelah menjalankan software tersebut. Kemudian beliau menjelaskan tata cara memotong video, menambahkan judul, efek-efek yang dapat digunakan, hingga menambahkan suara pada proses editing. Semua runrutan video yang perlu diedit tentunya dipandu dengan skrip video yang telah dibuat. Pemaparan dilanjutkan dengan trik-trik menggunakan animasi pada PPT yang digunakan untuk bagian proses perhitungan. Beliau menjelaskan perlu ketangguhan dan kesabaran dalam proses pemberian animasi pada PPT karena perlu menginputkan satu persatu bagian yang diberikan Animasi. Setelah pembuatan slideshow  selesai, slideshow direkam dengan bantuan OBS Studio dengan menyertakan rekaman suara yang telah direkam sesuai skrip video.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Tanya Jawab. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta adalah sebagai berikut:

  1. Apakah software Adobe Premiere Berbayar? Ataukah gratis dapat dipergunakan oleh semua khalayak umum?
  2. Apakah OBS studio bisa digunakan untuk menambahkan video, audio, dan edit?
  3. Apakah terdapat software yang bisa secara langsung memberikan subtitle ketika kita memberikan audio?
  4. Diluar topik, jika kita kaitkan dengan kegiatan pembelajaran online, posisi video pembelajaran itu sebagai apa?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab dengan tuntas oleh pemateri

Kegiatan ditutup oleh pemateri dengan mengucapkan Hamdalah bersama-sama, kemudian penulis meminta kepada peserta untuk berkennnya memberikan penilaian terhadap kegiatan beserta penilaian terhadap video pembelajaran yang telah dibuat oleh pemateri.

Berikut Beberaoa Hasil Editing Video Pembelajaran Praktikum Mekanika Tanah

1. Pengujian Analisa Saringan – SNI-03-1968-1990

2. Pengujian Analisa Hidrometer – SNI 03-3423-1994

3. Pengujian Atteberg’s Limits – Batas Cair – SNI-03-1967-1990

4. Pengujian Atteberg’s Limits – Batas Plastis – SNI 03-1966-1990