Pada hari Rabu tanggal 20 November 2019, Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Jember mengadakan Pelatihan dan Bimbingan Teknis Lapangan K3 Konstruksi. Kegiatan ini berlangsung di ruang Auditorium Fakultas Teknik dan dihadiri oleh kurang lebih 160 peserta. Peserta terdiri dari mahasiswa 2017 hingga 2016 serta beberapa dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember seperti Dr. Ir. Entin Hidayah, MUM. , Dr. Anik Ratnaningsih, S.T., M.T. , Anita Trisiana, S.T., M.T. , Winda Tri Wahyuningtyas, S.T., M.T. , Ir. Willy Kriswardhana, S.T., M.T. , dan Paksitya Purnama Putra, S.T., M.T.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Kabupaten Jember dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember, Dr. Ir. Entin Hidayah, MUM., yang menyampaikan bahwa pelatihan ini ditujukan pada mahasiswa jurusan Teknik Sipil yang akan segera lulus yaitu mahasiswa program studi Sarjana angkatan 2016 dan program studi Diploma 3 angkatan 2017. Beliau juga mengatakan bahwa sertifikat keahlian K3 wajib dimiliki oleh lulusan teknik sipil baik di bidang air, struktur, geologi teknik, dan transportasi. Sertifikat Keahlian ini juga dibutuhkan saat akan mengambil pendidikan profesi insinyur karena merupakan salah satu syarat untuk menempuh pendidikan profesi tersebut.

Dalam pelatihan kali ini dibawakan oleh narasumber ahli dari Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia yaitu, Ir. Soni Yaniarso, CSP. Pelatihan ini diselenggarakan setiap tahun dikhususkan untuk mahasiswa yang akan segera lulus dan memasuki dunia kerja. Materi yang dibahas yaitu RK3K (Rencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kontrak) serta Observasi Lapangan di proyek konstruksi. RK3K adalah dokumen lengkap rencana penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PU dan merupakan satu kesatuan dengan dokumen kontrak suatu pekerjaan konstruksi, yang dibuat oleh Penyedia Jasa dan disetujui oleh Pengguna Jasa, untuk selanjutnya dijadikan sebagai sarana interaksi antara Penyedia Jasa dengan Pengguna Jasa dalam penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PU.

Selain menjelaskan materi mengenai RK3K, pelatihan ini juga mengajak peserta untuk melakukan observasi lapangan di proyek konstruksi yang ada di Universitas Jember. Peserta dibagi menjadi kelompok dengan jumlah 30 peserta per kelompok. Mereka melakukan peninjauan secara langsung kegiatan Proyek Konstruksi yang terkait dengan K3 agar dapat lebih mengetahui dan mendalami implementasi K3 di lapangan. Obeservasi berlangsung selama 2 jam, hasil analisa terhadap hasil observasi RK3K yang ada dan Permasalahan Proyek kemudian disusun menjadi makalah dan dipresentasikan per kelompok.

Pelatihan ini berlangsung dari pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam. Ir. Soni Yaniarso membawakan materi dengan baik dan mudah dimengerti oleh peserta. Peserta sangat antusias dalam mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Teknis Lapangan K3 Konstruksi ini.

15 Thoughts on “Pelatihan dan Bimbingan Teknis Lapangan K3 Konstruksi Jurusan Teknik Sipil – A2K4I – BPC GAPENSI JEMBER”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *