Pada hari Selasa tanggal 5 November 2019, Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Jember bekerjasama dengan PT. Citicon Nusantara Industries menyelenggarakan Kuliah Tamu tentang Lightweight Construction Material. Kegiatan ini berlangsung di ruang Auditorium Fakultas Teknik dan dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta. Peserta terdiri dari mahasiswa jurusan sipil program studi sarjana dan vokasi angkatan 2016 hingga angkatan 2019 serta beberapa dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Sementara itu, Kepala Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember, Dr. Gusfan Halik, S.T., M.T., yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa kuliah umum ini adalah salah satu bentuk dari kerjasama yang dijalin Fakultas Teknik bersama PT. Citicon Nusantara Industries dalam sambutan pembukaannya.

Dalam kuliah tamu kali ini dibawakan oleh narasumber ahli dari PT. Citicon Nusantara Industries yaitu, Dini Sari, S.T., M.T, Marketing Manager PT Citicon Nusantara Industries. Acara ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa infrastruktur dalam dunia teknik sipil terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi hingga berhasil menghasilkan material konstruksi yang ringan dan kuat dengan biaya yang terjangkau. Beliau juga menjelaskan bahwa material ringan dalam konstruksi dapat berupa bata ringan, panel sandwich, panel lantai, dan lain – lain.

Bata ringan Citicon adalah satu – satunya Beton Ringan Aerasi atau Autoclaved Aerated Concrete (AAC) yang terbuat dari pasir silica dan semen berkualitas tinggi serta ramah lingkungan dan diproses dengan teknologi aerasi terbaik. Begitu juga dengan Panel Lantai Citicon yang digunakan untuk mempercepat pembangunan rumah atau gedung bertingkat yang akan dapat secara signifikan mengurangi berat sendiri bangunan, selanjutnya berdampak kepada perhitungan pondasi. Panel Sandwich CITICON (PSC) merupakan sebuah inovasi bahan bangunan berstandart “GO GREEN” untuk diaplikasikan pada proyek bangunan yang mengutamakan efisiensi biaya, waktu dan tenaga. Panel ringan ini kuat dan tahan lama serta meringankan beban kerja karena 60% lebih ringan dibandingkan batu bata konvensional. PSC adalah dinding pracetak yang ringan dan kuat sehingga mudah dipasang dan meminimalisir adanya bahan buangan (low waste). Dengan hal ini diharapkan penggunaan material dalam konstruksi dapat sedikit demi sedikit beralih pada material ringan.

Selain itu, beliau juga mendemonstrasikan secara langsung mudahnya proses pemotongan dan penyambungan bata ringan yang cepat di depan peserta dengan dibantu oleh peserta kuliah tamu. Hal ini membuat peserta semakin antusias dengan kuliah tamu oleh PT. Citicon Nusantara Industries, ditambah ada banyak hadiah yang diberikan setiap peserta mengajukan pertanyaan dan beberapa games untuk mencairkan suasana pada saat kuliah tamu. Dini Sari S.T., M.T juga menyampaikan materi dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti dan dengan cara yang tidak membosankan.

 

 

13 Thoughts on “Kuliah Tamu Kerjasama PT. Citicon Nusantara Industries dan Teknik Sipil Universitas Jember”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *