Oleh: dahnil

Liburan semester merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas mahasiswa. Karena liburan semester menjadi waktu yang tepat untuk melepas penat setelah rutinitas kuliah yang padat, mulai dari pembelajaran di kelas, tugas kuliah yang menumpuk, aktivitas organisasi, sampai tugas besar yang membuat mahasiswa jarang tidur. Hal ini tidak heran apabila mahasiswa mengalami tingkat stress yang tinggi jika tidak dibarengi dengan liburan. Mayoritas mahasiswa selama liburan biasanya pulang kampung atau menghabiskan waktu dengan keluarga, ada juga yang pergi piknik, berwisata untuk refresing, bekerja, bahkan ada juga yang cuma tetap dirumah  sambil main game.

Namun berberapa orang mungkin sudah bosan melakukannya dalam 2-3 minggu pertama. Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan saat libur panjang semester. Selain menyenangkan, pastinya kegiatan-kegiatan di bawah ini tetap bisa membuat kalian melakukan sesuatu yang bermanfaat:

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga/Famili/Teman Dekat

  • Berlibur ke tempat wisata (jika memungkinkan ke tempat yang belum pernah dikunjungi)

Berlibur ke tempat wisata ini yang kebanyakan bakal dilakukan oleh para mahasiswa pada umumnya. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk mengisi waktu liburan kita. Kegiatan ini bisa kita lakukan dengan keluarga, maupun dengan famili atau teman-teman kuliah. Liburan bersama ini selain bagus untuk merefresh pikiran setelah penat dengan segunung tugas dan laporan, juga bagus untuk mengakrabkan diri dengan teman maupun keluarga yang mungkin selama kuliah terlalu sibuk dengan tugas kuliah yang menumpuk.

  • Melakukan silaturahmi kepada sanak-famili

Kegiatan silaturahmi kepada sanak-famili tidak harus menunggu hari raya tiba, kegiatan ini bisa dilakukan pada saat liburan tiba untuk mempererat hubungan dengan sanak-famili.

  • Mencari beasiswa

 Memasuki semester baru, biasanya akan banyak beasiswa yang membuka kesempatan kepada mahasiswa dengan kriteria-kriteria tertentu. Tugas kalian adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dan memenuhi semua persyaratan yang diajukan.

  • Mencaritahu Buku/referensi Tugas Beasar (TB) yang akan ditempuh untuk Semester Selanjutnya

 Cara ini bisa tanyakan pada senior/kating yang sudah pernah melewati mata kuliah yang akan kalian hadapi di semester selanjutnya. Karana di jurusan Teknik Sipil setiap semesternya pasti ada yang namanya Tugas Besar. Jadi sebelum Tugas Besar diberikan kepada kalian, Setidaknya kalian udah punya gambaran mengenai Tugas besar yang ditempuh pada semester tersebut seperti apa.

  • Lakukan Hobi Lama atau Pelajari Skill Baru

Hobi lama saat zaman-zaman sekolah yang justru sudah jarang dilakukan karena padatnya aktivitas kuliah? Liburan ini saatnya lakukan hobi tersebut, kalian juga bisa menemukan skill-skill baru yang mungkin belum disadari, misalnya meningkatkan kemampuan desain dengan belajar Photoshop, Autocad, Google Sketchup, Microsoft Office atau mempelajari lebih dalam lagi SAP 2000 Yang nantinya akan digunakan ketika sudah menempuh puncaknya dijurusan teknik sipil yaitu Mata Kuliah BAJA BETON. Saat sudah lulus kuliah skill-skill tersebut akan sangat berguna

  • Ikut Berbagai Ajang Kompetisi

 Belakangan ini banyak diselenggarakan lomba-lomba untuk para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang bisa cum laude, tapi yang benar-benar membedakan kita dengan mahasiswa lain adalah keaktifan kita mengikuti bermacam-macam kompetisi. Ada bermacam-macam lomba yang dapat diikuti mahasiswa, dan ada untuk hampir setiap bidang. Mulai dari olimpiade, karya tulis, olahraga, seni, dan lain-lain. Oleh karena itu selagi ada kesempatan, ikuti ajang-ajang tersebut. Terutama jika bisa dipersiapkan mulai liburan, kenapa tidak dicoba?.

  • Mencari Penghasilan/Pemasukan saat liburan

 Masa liburan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat liburan kalian semakin menarik dengan pengalaman-pengalaman. Misalnya dengan melakukan magang, kerja dipercetakan, atau bahkan mengikuti orang tuanya kerja seandainya punya usaha atau perusahaan. Terlebih lagi jika kalian adalah mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan berhadapan dengan dunia kerja sesungguhnya, ini akan sangat membantu. Selain itu jika kita melakukan hal itu bisa membangun koneksi atau menambah relasi.

Tapi jangan lupa guys, Minggu sebelum masuk apa yang harus kalian lakukan dan persiapkan, kalian harus tau juga mungkin diantaranya :

  • Persiapkan Mata Kuliah apa saja yang mau kalian ambil

 Istilah anak sipil biasanya Dibilang KRS an (Kartu Rencana Studi) Akan tetapi Indeks Prestasi (IP) Sangat pengaruh buat kalian untuk semester selanjutnya mau mengambil berapa SKS/berapa mata kuliah. Di jurusan Sipil Mahasiswa boleh mengambil SKS sebanyak 24 apabila IP nya 3.00 atau diatasnya, Namun untuk IP Yang dibawah 3.00 hanya bisa menagmbil 20 SKS saja. Nah, berhubungan dengan rencana  studi biasanya tidak jauh dari memilih Dosen Pengampu mata kuliah tersebut. Tips dan cara mengenali karakter dosen pengampu mata kuliah tersebut bisa dibaca pada artikel dibawah ini.

http://sarjana-sipil.teknik.unej.ac.id/2019/07/02/5-cara-mahasiswa-cerdas-mendapatkan-ipk-tinggi-dengan-mudah/

  • Bersih-bersih Kosan/Kontrakan

 Mungkin temen-temen pernah dengar istilah “Tempat tidurku adalah surgaku” Maka dari itu demi kenyamanan teman-teman dalam menempuh pendidikan diperkuliahan setelah liburan kembali kejember atau kekontrakan/kosan masing-masing jangan lupa bersihkan tempat kalian sebersih mungkin agar bisa belajar dengan nayaman.

Itulah hal yang mungkin mahasiswa Bisa lakukan untuk mengisi Libur panjang semester setelah disibukkan oleh urusan-urusan dikampus. Semoga bermanfaat tetep semangat, jaga kesehatan dan jaga diri baik-baik. HAPPY HOLIDAY!